Minggu, 15 Juni 2008

The Last King of Scotland



Sutradara: Kevin McDonald
Pemain: Forest Whitaker, James McAvoy, Gillian Anderson

Film ini terinspirasi dari kejadian yang sebenarnya (yah, bisa dibilang hampir mendekati kisah nyata). Bercerita tentang seorang dokter Scotlandia yang bersahabat dengan Idi Amin, mantan presiden Uganda yang terkenal karena kekejamannya. Tidak hanya bersahabat, namun Dr. Garrigan bahkan dijadikan sebagai penasehat terdekat Idi Amin, selain juga menjadi dokter kepresidenan. Namun, makin lama Dr. Garrigan sadar dan jadi takut sendiri dengan kekejaman Idi Amin sehingga ia berusaha melarikan diri. Tentu saja, niat ini dihalang-halangi oleh Idi Amin.

Review:
Peran Forest Whitaker yang menjadi Idi Amin telah menjadikan ia pemenang Golden Globe dan Academy Award, sebagai aktor pemeran utama terbaik. “ya, iyalah..”, pasti anda akan mengatakan demikian stelah nonton film ini… sifat2, kebiasaan2, dan aksennya disajikan oleh Forest secara detail dan meyakinkan.
Sedangkan, cerita film ini sangat detail, termasuk juga dari segi kostum, bahkan sampai karakteristik karakternya. Ceritanya sendiri sangat berani, karena menyinggung tentang hubungan politik Inggris, Uganda dan negara-negara Afrika lainnya. Karakter2 yang terdapat di cerita ini juga diceritakan sebagai manusia pada umumnya, dimana tidak ada karakter yang bnar2 baik. Justru karena itulah, saya merasakan bahwa ceritanya sangat asli. Keaslian cerita itulah yang membuat film ini sangat menarik… saya sih penasaran banget dengan bagaimana seorang Idi Amin, yang seorang barbaric, dapat berteman baik dengan seorang dokter Scotlandia.
Selama menonton saya juga dibuat penasaran dengan ceritanya, dan akhirnya…. Deg2an sampai akhir deh… ngeliat tingkahnya Idi Amin aj saya udah takut2… sepanjang film saya reaksi saya: “aduh, ngapain lagi nih orang???” dan “kenapa sih?? Ihhh…” hehehehe jadi gemes sendiri….
Tentu saja, James McAvoy juga bermain dengan gemilang (as usual..) kayanya tinggal tunggu waktu dia menang Golden Globe atau Oscar… hehehehehe

Cocok ditonton oleh cowo yang suka film aksi.. untuk siapa saja yang penasaran dengan sejarah dunia.. terutama dengan Idi Amin.. jangan nonton dengan anak kecil, selain sadis juga rada ‘sensual’

Tonton juga: The Aviator, Blood Diamond, Hotel Rwanda, Munich.

Nilai: 8,5/10

Tidak ada komentar: