Rabu, 02 April 2008

INTO THE WILD


Sutradara : Sean Penn
Pemain : Emelie Hirsch, Marcia Gay Harden, William Hurt, dan Vince Vaughn

Film ini diangkat dari kisah nyata tentang Christopher Johnson McCandless yang dibukukan oleh John Krakauer dan merupakan film debut pertama Sean Penn sebagai sutradara. Christopher adalah McCandless seorang lulusan Emory College. Ia sebenarnya adalah seorang siswa yang berprestasi, namun setelah menamatkan kuliahnya ia memutuskan pergi berkelana untuk menyendiri dan mencari kebahagiaan. Ia bahkan mengganti namanya menjadi Alexander Supertramp dan menyumbangkan seluruh sisa student fund-nya untuk kepentingan sosial. Sepanjang petualangannya ia banyak berinteraksi dengan manusia-manusia yang memiliki latar belakang dan sifat yang unik.

Review:
Film ini termasuk film yang baru bisa dinikmati apabila ditonton secara serius. Sepanjang film kita akan disuguhi oleh kutipan-kutipan kalimat dari beberapa penulis terkenal maupun yang berasal dari Christopher McCandles sendiri. Namun di sinilah kelebihan dari film ini. Kutipan-kutipan dan filosofi-filosofi berat yang disampaikan selalu dapat ditutup oleh suatu kesimpulan ringan yang dapat diterima oleh siapapun. Bahkan bagian ending bisa dikatakan sebagai suatu kesimpulan dari seluruh pencarian Christopher McCandles alias Alexander Supertramp. Sudut pengambilan gambar film ini perlu diacungkan jempol sebab sukses menggambarkan suasana alam liar Amerika yang sunyi namun indah. Hanya sayangnya pemilihan huruf dan warna untuk title pembuka yang terkesan murahan sempat membuat saya turun semangat. Dalam beberapa bagian saya sempat dibuat bosan akibat suasana yang dibangun oleh musik chanting yang mengalun garapan Eddie Vedder si vokalis Pearl Jam.

Film ini cocok ditonton pada siang hari di hari libur dan pada saat badan sehat bugar agar konsentrasi tetap terjaga

Film ini cocok ditonton dengan segelas kopi hangat dan teman-teman anda yang adalah para penggemar Pearl Jam (tapi jangan harap di film ini anda akan bisa bernostalgia dengan musik grunge ala Pearl Jam).

Kalau anda suka film ini maka anda akan suka dengan Wild America

Rating: 7.5/10

Tidak ada komentar: